4 Alasan Mengapa Startup-mu Butuh Mentoring dalam Meraih Kesuksesan

Sebagai pebisnis startup, jika ingin berkembang, penting sekali untuk mempelajari banyak hal. Ilmu pengetahuan dapat diperoleh dengan sharing bersama mereka yang sudah terjun lama dalam bisnis. 

Dengan begitu, kamu bakal dapat banyak advice untuk mengembangkan startup-mu. Kamu juga dapat jadikan mereka mentor dalam memajukan bisnis yang dirintis.

Jadikan mereka sebagai sumber pengetahuan, inspirasi dan informasi untuk pengembangan bisnis kamu. Mau tahu lebih lanjut mengapa keberadaan mentor wirausaha atau bisnis sangat penting? Berikut 4 alasan yang perlu kamu pahami;

Dapat berkonsultasi dan meyakinkan keputusan

Dalam menjalankan bisnis startup, kamu perlu memperhatikan langkah dan keputusan strategis yang harus dilakukan. Untuk itu, kamu perlu sharing dengan orang-orang yang telah lebih dulu menjalankan bisnis tersebut.

Peran mentor sangat membantu kamu dalam menemukan solusi terhadap kendala bisnismu. Kamu dapat mengetahui ilmu baru dan bimbingan agar bisnis yang kamu jalankan mengalami kemajuan. 


(Baca juga: 3 Alasan Utama Kamu Harus Kerja di Startup)

 

Mengantipasi tantangan kedepan

Dengan keberadaan mentor tentunya akan lebih membantu kamu melihat hal-hal yang tidak kamu ketahui.

Kamu akan melihat dari perspektif yang luas akan bisnis startup yang sedang kamu jalankan, kamu akan dapat mengantisipasi tantangan apa saja yang pada umumnya bakal kamu temukan dalam proses pengembangan bisnismu.

Mengoptimalkan kinerja startup

Keberadaan mentor, tentu akan menciptakan suasana nyaman untuk membicarakan permasalahan sekaligus membantu kamu dan tim untuk mengkaji ulang langkah, strategi, dan rencana selanjutnya, sehingga kamu bisa dapat mengambil keputusan secara tepat dalam mengoptimalkan  kinerja perusahaan rintisanmu. Hal tersebut dilakukan untuk mengoptimalkan kinerja startup-mu dan mencapai target dalam pengembangannya.


(Baca juga: 5 Cara Membuat Startup)

 

Semakin mengembangkan personalmu

Setiap wirausaha harus memahami dirinya dengan baik, termasuk di dunia startup. Dengan memiliki mentor yang kompeten, kamu dapat meningkatkan self-development sekaligus berbagai langkah dan upaya untuk lebih meningkatkan kapasitas kekuatanmu serta meminimalisir dan menutupi berbagai kelemahan.

Kamu juga diharapkan dapat menjadi fast-learner bukan hanya tentang produk dan target perusahaan, tetapi juga tentang kemampuan personalmu.


Mempunyai mentor dan keep sharing each other merupakan cara yang baik dalam mengoptimalkan bisnismu. So, jangan pernah berhenti belajar dan mencoba hal baru. Tingkatkan kinerja bisnismu dengan terus mengembangkan skills yang kamu punya.

Komentar