5 Hal Penting Yang Perlu Anda Tahu Untuk Memulai Suatu Bisnis Online

Jika anda berpikir untuk memulai suatu bisnis online namun bingung langkah awal yang harus anda lakukan. Jangan kawatir, karena anda bisa memanfaatkan banyak kesempatan disekitar anda. Berikut 5 hal penting yang harus anda perhatikan sebelum memulai bisnis online.



Jenis bisnis online yang ingin dibangun

Untuk memulai suatu bisnis, anda harus sadar bidang apa yang sekiranya sesuai dengan kemampuan anda dan besar budget yang akan menunjang bisnis tersebut. Jangan kuatir dimana anda akan memulainya. Anda dapat memanfaatkan rumah anda sebagai space tempat awal bisnis online. Mulailah membangun bisnis yang sesuai dengan interest anda. Dengan begitu anda akan mudah beradaptasi dengan lingkungannya. Pastikan jenis bisnis anda masuk dalam popular business yang sesuai dengan kondisi market.



Breakdown rencana bisnis

Ketika anda sudah yakin dengan jenis bisnis yang akan anda kembangkan. Langkah selanjutnya adalah breakdown rencana bisnis. Apa saja yang akan anda lakukan dalam jangka pendek sampai jangka panjang. Rencanakan sturktur bisnisnya, apakah bisnis anda bersifat sole trader atau in a partnership. Kemudian tentukan domain name dan well-designed website untuk bisnis online anda. 


Mencari sumber finance

Hal pertama yang harus ada perhatikan adalah investigasi besar dana yang anda butuhkan. Kedua, jika anda tidak mempunyai investasi keuangan, sumber lain yang dapat anda manfaatkan yaitu dengan bank lending. Anda dapat mengikuti instruksinya step-by-step. Selain itu, anda juga bisa mendapatkan funding dari goverment. Seiring dengan perkembangan start-up saat ini banyak inisiatif pemerintah dalam hal bantuan terhadap start-up builder, salah satunya adalah start-up loans. Jika anda tidak mau mencari sumber finance dengan langkah-langkah tersebut. Cara lain adalah dengan meminta bantuan funding dari orang-orang terdekat, seperti keluarga atau teman. Ingat besarnya dana yang anda punya menentukan pencapaian kebutuhan bisnis online.




Aware dengan regulasi bisnis online

Dalam memulai bisnis online, hal lain yang harus anda perhatikan adalah memahami intellectual property law dan tax law, apakah bisnis anda bersifat individu atau pun memiliki employees. Hal tersebut merupakan bagian dari komposisi suatu bisnis. Selain itu juga, be aware dengan businesss insurrance dan jenis-jenis yang disediakan untuk menunjang pengembangan bisnis anda. 



Tim Kerja Bisnis

Ensure dengan siapa anda akan bekerja dan mendukung bisnis anda. Jika anda merasa ingin menambah rekan kerja, anda dapat membentuk suatu tim kerja. Hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan waktu yang tepat untuk memulai bisnis, menulis job description, dan offer training jika calon rekan kerja anda belum pernah memiliki pengalaman sebelumnya.


Jadi sebelum memulai bisnis online, anda harus aware dengan hal-hal penting diatas. Apalagi buat anda yang belum berpengalaman dalam berbisnis.

Komentar