Punya Startup? 4 Cara Ini Bantu Kamu Bangun Network

Orang yang baru merintis startup perlu banyak ilmu gimana mengembangkannya apalagi untuk membangun suatu network yang luas agar startup terssebut menjadi sukses. Kunci dari network adalah punya banyak relasi bisnis khususnya di bidang startup karena saat ini telah berkembang berbagai jenis persaingan dalam dunia startup ada yang sukses, ada yang stuck karena kendala network.

Namun jangan kawatir karena startup kamu bakal sukes dengan 3 cara dibawah ini.



Cari Tahu Jenis Startup

Misalkan kamu tinggal di Jakarta, kamu bisa cari tahu jenis startup apa saja yang ada di tempat tinggal kamu. Setelah itu kamu bisa telusuri lebih lanjut seberapa besar sukses startup tersebut. Ukuran sukses suatu startup tergantung seberapa besar manfaat dan network-nya. Dengan begitu, kamu dapat bekal info baru  tentang latar belakang berdirinya startup tersebut hingga menjadi sukses.

Jangan Lewatkan Event

Saat ini telah banyak event startup menyebar dimana pun baik itu tentang seminar, talk show, atau workshop.  Melalui suatu event yang diselenggarakan ada harapan untuk orang yang terlibat di dalamnya dapat bekal banyak info tentang cara bangun startup hingga keuntungannya.  Tak jarang event startup ini banyak yang diminati ntah untuk sekadar menambah wawasan tentang startup atau karena berencana untuk merintis startup. Intinya, apa pun event startup-nya dapat menjadi peluang network baru bagi kamu.



Jaring Komunikasi

Event startup nggak cuman buat kamu menambah koleksi business car para Founder atau CEO startup yang sukses. Kamu bisa manfaatinnya dengan menjaring komunikasi misalkan by email yang tentunya harus kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan bisnis startup kamu. Kamu harus punya reason yang jelas mengapa kamu ingin menjalin relasi dengan mereka. Hal tersebut dilakukan agar kamu dapat respon positif dan nggak sia-sia usaha kamu untuk bangun banyak network startup.



Manfaatkan Social Media       

Saat ini begitu banyak Startup Indonesia yang menuai sukses karena network yang luas bukan hanya dalam negeri bahkan sampai ke luar negeri mereka mendapat dukungan dan kerjasama. Tentunya hal tersebut butuh kerja keras untuk menjadikan suatu startup bermanfaat bagi masyarakat. Salah satu cara mereka adalah dengan manfaatin social media sebagai wadah promosi dan jaringan informasi untuk perluas networking. Misalkan sebut saja salah satunya Gojek yang merupakan startup ojek online yang sukses bahkan mendapat suntikan dana milyaran sampai triliunan rupiah dari partner bisnisnya.


Intinya untuk sukses di dunia startup butuh kerja keras dan banyak network. So, 4 hal diatas jangan kamu sia-siakan. Kembangkan terus idemu untuk bangun startup yang bermanfaat. In a startup, absolutely nothing happens unless you make it happen.

Komentar